BIMBINGAN TEKNIS STRATEGI MENINGKATKAN UMKM UNGGUL DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA DIGITAL MARKETING PADA KAMPUNG TEMATIK BHINEKA

Authors

  • Nurasiah Nurasiah Universitas insan Pembangunan Indonesia
  • Karnawi Kamar Universitas insan Pembangunan Indonesia
  • Yayah Yulia Universitas insan Pembangunan Indonesia
  • Firdaus Putra Universitas insan Pembangunan Indonesia
  • Adiyanto Adiyanto Universitas insan Pembangunan Indonesia
  • Ahmad Jamuri Universitas insan Pembangunan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58217/jabdimasunipem.v2i1.36

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Kampung Tematik, e-commerce, media sosial

Abstract

Seiring perkembangan media penjualan melalui media online, maka banyak UMKM yang belum maksimal memanfaatkan hasil dari olahan makanan, produk hasil pertanian maupun kerajinan yang sudah diproduksi untuk dapat dikenal luas. Pada saat ini di Kampung Bhineka masih banyak masyarakat yang sampai saat ini kesulitan dalam membuat dan mendistribusikan hasil olahan makanan (sumpia), buah tin dan budidaya ikan lele dan produk lainnya yang  disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang proses menjalankan bisnis yang masih rendah dan sarana prasana yang kurang mendukung dan memadai. Bimbingan teknis dilakukan di Kampung Bhineka yang didampingi oleh lima orang dosen baik dari Fakultas Bisnis dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Insan Pembangunan Indonesia beserta dengan mahasiswa. Narasumber menyampaikan materi yang disesuaikan yaitu dengan memberikan strategi untuk meningkatkan UMKM unggul dengan memberikan bimbingan teknis mengenai pemanfaatan digital marketing melalui media sosial dan media online marketplace. Acara ditutup langsung oleh MC dan diakhiri dengan foto bersama. Bimbingan teknis ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk dapat meningkatkan UMKM unggul dengan mengembangkan dan memanfatkan media sosial dan media internet (ecommerce)

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Nurasiah, N., Kamar, K., Yulia, Y., Putra, F., Adiyanto, A., & Jamuri, A. (2024). BIMBINGAN TEKNIS STRATEGI MENINGKATKAN UMKM UNGGUL DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA DIGITAL MARKETING PADA KAMPUNG TEMATIK BHINEKA. Jurnal Abdimas Universitas Insan Pembangunan Indoneisa, 2(1). https://doi.org/10.58217/jabdimasunipem.v2i1.36